Oleh: sastrosuwiryo | Juli 3, 2009

MEMBUAT JADWAL PELAJARAN DENGAN ASCTIMETABLES

Setiap tahun ajaran baru atau bahkan mungkin semester baru, setiap sekolah selalu sibuk mengatur jadwal pelajaran.  Pengaturan jadwal yang padat, akan memakan waktu yang cukup lama. Selain itu banyak tenaga dan pikiran tercurahkan untuk mengatur jadwal tersebut.

Untuk membantu tugas ini, ada beberapa software pembuat  jadwal yang bisa dicoba. Penulis telah mencoba dan mempelajari secara otodidak program asctimetables. Program ini tersedia dalam bentuk demo (shareware). Meskipun demikian, fasilitas yang disediakan dalam demo ini cukup lengkap, sehingga penulis menganggap bisa membatu dalam menyusun jadwal pelajaran sekolah. Untuk yang ingin mencoba program ini, dapat di download disini.

Karena penulis mempelajari secara otodidak dan tidak terlalu mendetail, maka dalam penjelasan ini akan sangat dangkal. Untuk itu bagi yang lebih banyak memahami  penggunaan program ini, mohon kiranya berkenan untuk berbagi.

Secara garis besar, penggunaan program ini terdiri dari 7 langkah, sebagai berikut :

  • Langkah  1 :

Double klik icon roz exe pada dekstop atau start > all program > asc timetables . asc time tables.

1

Gambar 1

Kemudian pilih create new timetables, lalu klik next, sehingga tampil dialog berikutnya.

  • Langkah 2 :

Pada langkah dua, tampilan dialog sebagai berikut :

2_resize

Gambar 2

Pada dialog ini, isikan nama sekolah, tahun pelajaran, jumlah max  jam /hari. Bila tidak menggunakan  jam ke-0, hilangkan ceklist pada Work with zero lessons. Kemudian klik next, sehingga tampil dialog berikut.

  • Langkah 3 :

3_resize

Gambar 3

Pada dialog ini, kita diminta memasukkan mata pelajaran dan kode guru. Bisa juga ditambahkan gambar (icon) mata pelajaran dan warna pada pilihan picture dan custom file.

Klik baru, lalu ketikkan nama mata pelajaran dan kode. Kode muncul sendiri, tapi bila menghendaki bisa diubah sesuai dengan kemauan. Kemudian klik OK (enter),  dan klik lagi baru (enter). Pastikan bahwa semua mata pelajaran Anda masukkan.  Setelah selesai semua mata pelajaran Anda masukkan, klik next, sehingga kita masuk dialog dialog berikut.

  • Langkah 4 :

4_resize

Gambar 4

Pada langkah 4, Anda memasukkan kelas. Kelas di sini mengacu pada siswa, bukan pada ruang, karena pada bagian selanjutnya nanti  Anda diminta mengisikan kelas yang mengacu pada makna ruang.  Kelas di sini bisa Anda isikan 7a, 7b, dst.  Setelah semua kelas Anda masukkan, klik next, sehingga tampil dialog pada lengkah 5 berikut.

  • Langkah 5 :

5_resize

Gambar 5

Klik baru, kemudian klik ruang kelas (misalnya VII A, VII B, dst.,) kemudian isikan kode sesuka hati (misalnya 1, 2, dst.), berilah ceklist pada home classroom, lalu pilih kelas (yang mengacu makna siswa) sebagai pengguna utama, klik OK. Contoh lengkapnya : klik baru, pada kolom nama klasrum isikan VII A, pada kode isikan 1, pada home klasrum pilih 7 a,OK. Klik baru lagi, isikan klasrum (misalnya VII B), pada kode isikan 2, pada home klasrum pilih 7 b, lalu klik OK. Begitu seterusnya, sampai semua ruang kelas yang dipakai dalam proses pembelajaran selesai Anda masukkan. Jangan lupa, masukkan ruang-ruang lain yang dipakai dalam proses pembelajaran, misalnya lapangan olah raga, laboratorium IPA, laboratorium Komputer, dll. Untuk ruang-ruang tersebut, Anda tidak perlu memberikan ceklist pada home klasrum, karena ruang-ruang itu dipakai bersama. Bila Anda yakin semua ruang belajar selesai Anda masukkan, klik next.

  • Langkah 6 :

Pada langkah ini, Anda diminta memasukkan guru, kode, mata pelajaran, dan kelas tempat guru yang bersangkutan mengajar, serta jumlah jam. Caranya klik baru sehingga muncul dialog berikut.

6_resize

Gambar 6

Isikan nama guru, kode guru, (Anda dapat pula mengganti warna field dan memberi gambar pada setiap guru pada pilihan warna dan picture, atau biarkan seperti defaultnya), kemudian klik OK. Misalnya di sini saya mengisi dengan Nama Guru : Drs. Supriyono, Kode : 1, biarkan ceklist pada kotak pria, klik OK. Maka kita masuk pada dialog mata pelajaran, seperti gambar berikut :

7_resize_resize

Gambar 7

Klik pelajaran baru, pilih pelajaran yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan, pilih kelas yang diajar. Bila guru tersebut mengajar seluruh siswa, biarkan kolom seluruh siswa. Dalam dialog ini kita bisa memilih seluruh siswa, siswa laki-laki saja, siswa kelompok 1 saja dan seterusnya. Kemudian, pada kolom pelajaran, isiannya sebagai berikut :

  • Bila satu jam pelajaran (setiap minggu), maka isikan 1, single.
  • Bila dua jam pelajaran (setiap minggu), maka isikan 1, double.
  • Bila tiga jam pelajaran (setiap minggu), maka isikan 1, triple.

Seandainya mata pelajaran IPA diajarkan 5 (lima) jam pelajaran seminggu, dan Anda menginginkan guru yang bersangkutan masuk 3 (tiga) kali seminggu, Anda membaginya dengan 2 jam, 2 jam, dan 1 jam, maka Anda harus memasukkannya sebagai berikut :

Klik pelajaran baru, pilih nama guru yang bersangkutan, pilih mata pelajaran yang diajarkan (IPA), pilih kelas yang diajar (Misalnya 7 a), pada bagian pelajaran isikan 2, double, biarkan ceklist pada home klasrum (bila pelajaran diajarkan di dalam kelas utama, – bukan laboratorium IPA, atau kelas-kelas yang dipakai bersama-sama-),  kemudian klik OK. Ini berarti, Anda telah memasukkan pecahan 2 x 2 jam pelajaran.  Setelah pecahan 2 x 2 jam selesai kita masukkan, selanjutnya kita masukkan pecahan 1 x 1 jam pelajaran. Caranya sama, hanya pada kolom pelajaran, kita isikan 1, single. Hasilnya seperti gambar berikut :

8_resize_resize

Gambar 8

Untuk guru yang mengajar dengan team teaching, langkahnya sbb:

Klik pelajaran baru, pilih nama nama guru, klik guru lain, pilih nama guru pasangan team teaching, klik OK. Pada bagian lain – nama pelajaran, kelas, dan jumlah pelajaran- cara pengisiannya sama dengan langkah terdahulu. Pada guru tersebut, akan bertambah satu pelajaran dengan warna field ganda/campuran dari team guru tersebut. Perhatikan gambar berikut.

9_resize_resize

Gambar 9

Bila semua guru telah Anda masukkan, Anda dapat melakukan pengaturan lain dengan cara memilih tombol pada barisan kanan dialog.

10_resize_resize

Gambar 10

Tombol  edit untuk mengedit nama guru, gambar (picture), warna field, dll

Tombol hapus utnuk menghapus pelajaran yang salah dari guru yang bersangkutan

Tombol pelajaran untuk mengedit pelajaran yang telah Anda masukkan

Tombol waktu kosong untuk mengatur hari libur guru yang bersangkutan

Tombol  contraints untuk mengatur  banyak jeda, jumlah hari mengajar, jumlah minimal dan maksimal  jam mengajarnya setiap hari, dll. Dari sini juga Anda dapat menerapkan aturan yang Anda buat untuk keseluruhan guru dengan memilih set  semua.

11_resize_resize

Gambar 11

Bila semua pengaturan Anda selesai, klik OK kemudian klik next.

  • Langkah 7 :

Di  langkah terakhir, pada dialog yang muncul klik generate time tables, dan tunggu hingga proses selesai. Apabila semua data yang Anda masukkan benar dan bisa digenerate, maka hasil akhirnya seperti gambar berikut.

12_resize_resize

Gambar 12

Seperti telah kami sampaikan di atas bahwa program ini shareware kecuali Anda membelinya. Hal ini mengakibatkan jadwal yang telah Anda buat tidak dapat di print. Namun, hal itu dapat kita atasi dengan memanfaatkan fasilitas print screen pada windows, dengan cara menekan tombol Print Screen SysRq pada keyboard dan dipaste pada program yang Anda inginkan misalnya Corel Draw, atau program yang lain sesuai keinginan Anda. Yang telah penulis coba mempastenya pada program Corel Draw, karena dengan program ini kita bisa memotong (cropping) hasil mempaste tadi sesuai dengan kebutuhan.

Anda tertarik? Silakan mencoba. Bila telah menguasai, jangan lupa berbagi ilmunya.

About these ads

Responses

  1. makasih pak buat info yang selama ini saya cari-cari. Ini pak saya barusan nemu juga yang ada crack-nya

    http://rapidshare.com/files/204314188/Asc_Timetables_2008.zip

    —> Sama-sama, Pak. Mudah-mudahan bermanfaat. Kalau sempat, mohon berkenan melengkapi informasi sederhana yang saya sajikan tersebut.

  2. salam kenal pak . wah nice inpo neh. blognya ta masukin aggregator kotamagetan.com pak

    —-> Monggo. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Terima kasih telah berkenan mampir.

  3. Wah akan saya cobo dulu baru beli bagus sanget pak

  4. mas key nya ada ndak ?
    —-> coba di komentar Bpk. Dhidhin Haris. Terima kasih telah mampir

  5. assalamualaikum pak, mohon tanya. sekolah kami adalah sekolah besar guru sekitar 126 orang, jumlah kelas 57, dibagi menjadi dua sif, pagi 38 kelas dan siang 19 kelas. bisakan kita menggunakan software aSctimetable ini pak, kalo tidak kira-kira bagaimana solusinya. terimakasih
    —> Persisnya saya tidak tahu,Pak. Tapi bisa diatasi dengan menambah jumlah jam dalam sehari. Pagi jam ke-1 sampai dengan 8, siang jam ke-9 sampai dengan 12, misalnya. Atau bagi Saudara-saudara yang bisa memberikan solusi, mohon berkenan berbagi di sini.

  6. nuwun infonya
    —> Sama-sama, semoga bermanfaat.

  7. salam kenal pa,kami merasa kesulitan menyusun jadwal pelajaran ruang kelas yang dipakai 17 ruangan gurunya berjumlah 35 0rang,bagaimana cara mengaturnya apakah bisa menggunakan program ini.ada guru ada yang hendak dalam seminggu 2 kali apakah bisa.mhn infonya
    —-> Bisa. Banyak pengaturan dalam program ini, termasuk mengatur libur tiap-tiap guru.

  8. Salam,
    Pak kalo untuk sekolah yg menerapkan team teaching apakah ini dpt di gunakan contoh:
    A mengajar di kls 7a, 7b, 7c, 7d
    B mengajar di kls 7c, 7d dan 8a.
    di kls 7c dan 7d mereka team teaching.

    Wassalam.

    ===> Bisa. Pada program ini ada fasilitas team. Ketika mengentri, ada pilihan guru lain. Berarti itu team teaching.

    trims.

  9. Maaf ralat, seharusnya:

    Pelajaran IPS
    Guru A mengajar ekonomi di kls 9a dengan Guru B.
    Guru A mengajar Sejarah di kls 9a dengan Guru C.
    Namun masuk dalam 1 pelajaran yaitu IPS.

    Trims
    Wassalam

    ===> Hitungannya tetap 1 jam. berarti satu pelajaran diajarkan sebuah tim tiga orang. Bisa saja. Tapi program hanya membaca data yang dientri. Kalau dientri IPS, akan terbaca IPS saja jika tidak dipisahkan ekonomi dan sejarah.

  10. Untuk hari senin, selasa sampai sabtu jam di sekolah kami 8 jam, dengan istirahat pertama setelah 4 jam dan istirahat ke dua setelah 2 jam. Bagaimana untuk mengatur hari Jumat yang 3 mata pelajaran kemudian istirahat agar mata pelajaran tertentu tidak terpotong oleh jam istirahat
    —> Jalan yang termudah yaitu dengan menata jam ke 3 pada hari itu secara manual dan menguncinya, sehingga ketika program menggenerate jadwal, jadwal yang telah diatur secara manual tadi tidak berubah.

  11. Trims pak atas infonya ,salam kenal dari Lombok Timur NTB
    —-> Salam kenal juga Pak. Senang sekali rasanya Bapak telah berkenan singgah.

  12. anda akan mendapatkan buku petunjuknya dengan mengirimkan email ke amurakid@yahoo.com

  13. kepada rekan- rekan dimohon tidak mencoba meng-crack bukankah kitamengajarkan pendidikan berkarakter jadikan anda dan sekolah anda terhormat dan memiliki moral gunakan uang sekolah ( bukan uang pribadi ) untuk kepentingan kemajuan kinerja sekolah.
    kita sudah bekerja keras agar mendapatkan lisensi di indonesia dan alih bahasa ke bahasa indonesia
    terima kasih

  14. Saya punya juga software sejenis asc time tables namanya JPS = Jadwal Pelajaran Sekolah. Asli buatan saya berbahasa Indonesia. Bagus. Saya berhasil menjual kira-kira sebanyak 40 software. Komentar dari pembeli puas. Ada juga yang tidak puas. Yang tidak puas karena tidak tahu cara menggunakannya. Buku manualnya tidak dibaca. Ada manualnya juga lho. Yang berminat boleh hubungi saya.
    Nama : Adang
    Guru SMPN 1 Tambun Selatan Kab. Bekasi, Jawa Barat.
    Alamat : Jl. Pulau Jawa 5 Nomor 61 Aren Jaya Bekasi Timur Jawa Barat.
    Telp. 081383033316.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: