Oleh: sastrosuwiryo | April 23, 2010

MEMBUAT FOLDER SUPER HIDDEN DAN MENAMPILKANNYA DENGAN ACSee 7

Barangkali, Anda pernah mempunyai file-file yang sangat penting. Karena pentingnya, Anda tidak ingin ada orang lain mengubahnya. Jika file hanya tidak boleh dirubah, tetapi tetap bisa dibaca, Anda bisa memproteksinya melalui fasilitas dari aplikasi pembuat file tersaebut, misalnya Microsoft Word, Microsoft Excell, dan lain-lain. Lain halnya bila Anda tidak ingin orang lain melihat apa lagi mengubah file tersebut, sedangkan komputer di pakai bersama.

Bagi pengguna Windows, baik Windows XP, Windows Vista, maupun Windows 7, ada fasilitas yang bisa kita pakai untuk menyembunyikan file atau folder sehingga tidak terlihat oleh orang lain. Kita bisa menggunakan fasilitas Command Prompt untuk keperluan itu.

A. Menggunakan Command Prompt

Adapun cara penggunaannya sebagai berikut :

  • Buka program : Start > All Program > Accessories > Command Prompt, seperti ilustrasi berikut.
  • Hasilnya berupa jendela Command Prompt, seperti berikut :

  • Setelah itu, kita harus masuk ke Drive tempat folder rahasia yang akan kita sembunyikan. Misalnya, saya akan menyembunyikan folder dengan nama rahasia di Drive D, maka kita harus masuk ke Drive D dulu, dengan cara menuliskan  D: kemudian tekan Enter, seperti berikut ini.

  • Berikutnya, kita memberi atribut hidden pada folder tersebut dengan menuliskan : attrib +s +h nama folder. Karena folder yang akan saya sembunyikan bernama rahasia, maka saya menuliskannya sebagai berikut : attrib +s +h rahasia, kemudian tekan enter. Perhatikan gambar berikut!

  • Nah, sekarang tinggal melihat hasilnya dengan klik kanan pada tombol start, kemudian explorer, cobalah buka Drive D. Folder dengan nama rahasia di Drive D akan hilang. Cobalah dengan menampilkan folder hidden. Pada Win XP, buka explorer > tools > options. Pilih tab View kemudian pilih show hidden file and folder. Dengan cara inipun, folder rahasia di Drive D tidak kelihatan.
  • Untuk menampilkannya kembali ulangi langkah 1 – 3 di atas. Pada langkah keempat, kita harus menuliskan atribut untuk folder rahasia dengan atribut : attrib –s –h rahasia, kemudian tekan enter. Maka bila kita explorer folder rahasia pada Drive D akan muncul lagi.

B. Melihat file dan folder hidden dengan ACDSee 7

Sebenarnya, langkah di atas tidaklah menjamin 100% folder dan file kita tidak dapat dilihat oleh orang lain. Dengan ACDSee 7, file atau folder dengan atribut rahasia seperti di atas dapat dilihat. Bukalah program ACDSee 7 pada start > all program > ACDSee Systems > ACDSee 7. Kemudian pilih Drive D. Maka semua file dan folder yang ada pada Drive D akan kelihatan, termasuk folder rahasia yang telah kita beri atribut hidden, seperti gambar berikut.

Semoga bermanfaat.


Responses

  1. keren pak tutorialnya🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: