Oleh: sastrosuwiryo | Juni 7, 2012

SAJAK BUAT ANAK-ANAKKU

SEBENTAR LAGI

Sebentar lagi….

Tempat ini akan sepi, anakku

Takkan terdengar lagi perintahmu yang tegas memimpin temanmu

Takkan terdengar lagi suaramu yang bergetar menentang keputusan kami yang kau anggap keliru

Bahkan….

Takkan terdengar lagi celotehmu yang kadang menggelitik kalbu

 

Sebentar lagi…

Ayam jantan akan bernyanyi

Mengiringi langkahmu menapak jalan berliku

Untuk melanjutkan hidup

Meniti jalan-jalan remang

Entah kemana….

 

Anakku…

Maafkan aku…

Yang tak bisa membuatmu jadi pejabat

Atau menjadi orang berpangkat dan terhormat

Bahkan…

Menerangi jalanmu pun aku tak mampu

Yang aku bisa hanyalah berusaha mengubahmu menjadi sedikit lebih baik

Yang takkan pernah cukup menjadi bekal menempuh perjalanan panjangmu

Yang akan penuh dengan angin dan badai

 

Yang aku tahu, anakku…

Kalian adalah anak-anakku yang manis

Walau bukan permata berkilau yang menawan

Walau bukan emas dan perak yang layak dijadikan perhiasan

Tapi kalianlah permata sesungguhnya

Yang bertahta dalam kerajaan hatiku

 

Terima kasih anakku…

Aku banyak belajar darimu

Tentang makna hidup, tentang makna menjadi orang tua

Bahkan aku banyak belajar tentang menghargai manusia

Belajar menghadapi duka nestapa

Belajar menjaga semangat

Ditengah ketidakberdayaan

Di tengah begitu banyak ketimpangan

 

Sebentar lagi…

Tempat ini akan sepi, anakku

Sesepi hatiku

 


Tinggalkan Balasan

Kategori

