TENTANG SAYA

Sebenarnya nama saya sangat sederhana, yakni Suratno. Sesederhana kehidupan saya yang hanya seorang pegawai rendahan. Itupun sesuatu yang sudah sangat saya syukuri, bila menengok kehidupan saudara-saudara yang hidup di sekitar saya.

Saya dilahirkan oleh ibu saya, yang saya panggil Mbok, tahun 1967. Dari nama saya, tercerminlah asal muasal saya. Dari sebuah lereng gunung, Gunung Lawu lereng sebelah timur tepatnya. Sampai-sampai mertua saya menyebut “Mbah Nggunung” bila anak saya akan pergi ke rumah neneknya (ibu saya). Masa kecil saya banyak saya habiskan dengan bermain bersama teman-teman se-desa saya. Maklumlah, anak desa, jadi permainan saya waktu itupun tak jauh dari apa yang bisa dijumpai di alam sekitar. Bila saya menyaksikan acara Si Bolang di televisi, teringatlah kembali kenangan masa indah saya sewaktu kecil. Waktu-waktu dimana tiada berat kehidupan terbebankan, tiada duka terasa, tiada resah merambah dada. Ingin rasanya kembali ke masa silam, kemasa-masa terindah dalam hidupku itu. Tapi apalah daya, kehidupan haruslah selalu berjalan. Dan yang namanya perjalanan, mustilah selalu ke depan, bukan?

Sebagai anak pegunungan, merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi saya, karena almarhum bapak saya punya komitmen yang tinggi dengan pendidikan. Semua anaknya disekolahkan, sesuai dengan kemampuan. Padahal kemampuan almarhum waktu itu juga sangat pas-pasan. Jadilah saya sekolah sampai SMP, sampai SMA, bahkan sampai perguruan tinggi, meski dengan kondisi sangat berat.

Oh ya! Saya dulu bersekolah di SMP Negeri 1 Panekan, dan melanjutkan ke SMA Negeri 1 Magetan. Masa-masa itu saya jalani dengan kehidupan seadanya, bahkan bisa dibilang sangat sederhana. Tiadalah kejadian istimewa masa-masa itu. Semua berjalan apa adanya. Bersekolah, mengerjakan PR, dan seterusnya. Alhamdulillah sekolahku bisa lancar dan lulus tepat pada waktunya. Sebenarnya pada masa SMA itu saya berkeinginan sangat kuat untuk melanjutkan pendidikan ke teknik. Cita-cita saya adalah teknik elektronika. Ketika harapan saya itu saya sampaikan pada bapak saya (almarhum) pucat pasilah wajah bapak saya. Bukan karena apa-apa, tetapi karena jelas-jelas hal itu tak mungkin bagi keluarga saya. Sampai menamatkan SMA itu saja, bapak saya harus meminta sokongan dana setiap bulannya kepada kakak saya yang kebetulan waktu itu telah lulus sekolah dan bekerja sebagai guru sekolah dasar. Sedang bapak saya, tidak tega untuk tidak meluruskan niat anaknya dalam hal memperoleh pendidikan. Barulah dua hari kemudian kakak saya, atas permintaan bapak saya, menasihati saya untuk tidak berangan-angan terlalu tinggi. Cita-cita memang harus setinggi langit, tapi di balik itu kita musti sadar di mana kita berpijak. Jadilah saya tidak mengejar cita-cita saya yang memang tak tergapai itu.

Akhirnya saya didaftarkan, oleh kakak saya, ke IKIP Surabaya. Karena yang mendaftarkan kakak saya, dilihatlah nilai tertinggi dalam NEM yang saya miliki, yang kebetulan nilai Bahasa Indonesialah yang tertinggi dalam NEM itu. Dan akhir cerita jadilah saya “Oemar Bakri” jurusan Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, meskipun saya guru Bahasa Indonesia, tidak istimewalah tulisan saya, termasuk tulisan saya pada halaman ini. Begitulah sekelumit kisah hidup saya yang mungkin tak berarti apa-apa. Namun, harapan saya semoga bisa ada hikmahnya.




Responses

  1. salam kenal pak.
    senang membaca tentang diri bapak, yg mirip ilmu padi. masa kecil kita gak jauh beda pak, sama-sama udik.

    trims telah berkunjung ke blog saya. ke depannya saya akan mengunjungi blog ini secara rutin. nanti blognya saya taut ya.

    ok, pak ratno. terus berkarya. salam kreatif.

    http://zulmasri.wordpress.com

  2. salam kenal juga ya, pak. semoga sukses selalu.

  3. salam motivasi modal insan juara
    aminnnnnnn……….

    –> salam kenal juga mas. Terima kasih telah sudi mampir.

  4. Maaf Pak. Ikut kenalan sekalian promosi.
    Perkenalkan kami dari PT. Software Farmer Indonesia yang bergerak di bidang Pemasaran dan Implementasi untuk Produk dan Jasa Software berbasis Data Capturing & Document Management System.

    Salah satu produk kami adalah smartmarkreader (SMR), software untuk desain dan koreksi LJK. Sudah
    terbukti untuk UAN, UASBN Jatim dan ujian yang lain.

    Salam kami,

    Arif Darmawan
    Customer Service Manager
    PT. Software Farmer Indonesia
    http://smartmarkreader.com

    —-> Salam kenal juga, Pak. Terima kasih telah berkenan singgah. Di tempat kami sekolah tidak berhak sama sekali menguji siswanya sendiri lo Pak, meski sekadar ulangan semester. Karena soal dan koreksi pasti dari Dinas Pendidikan. Mudah-mudahan ke depan sekolah memiliki keleluasaan dalam hal penilaian, sehingga kami bisa bekerjasama dengan Bapak.

  5. salam kenal ya pak
    ——-> salam kenal juga, pak. terima ksih sekali telah berkenan mampir.

  6. salam kenal bapak🙂
    —> Salam kenal juga, mas. Terima kasih telah berkunjung.

  7. salam kenal pak🙂
    —> Salam kenal juga mas. Terima kasih telah mampir.

  8. Mas Sastro,

    Salam kenal dulu atau mungkin kita sudah kenal tapi lama nggak ketemu. Mas suratno, saya juga berasal dari lereng gunung yang yang sama, Gunung Lawu, juga sekolah yang sama yakni SMA Negeri 1 Magetan. Info yang dibuat sangat membantu kami yang saat ini ada di luar kota. sekedar info tahun ini rekan2 alumni SMA Negeri 1 magetan akan mengadakan reuni di sekolah kita yang tercinta, berdasarkan info yang kami dapat, ada beberapa angkatan yang akan mengadakan reuni, Sukses selalu, maaf sekarang tinggal dimana di magetan.
    —> Saya tinggal di Magetan kok mas. Terima kasih infonya. Saya malah tidak tahu senelumnya.

    Salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: